Pesona PBM Iwan Sumantri


Satu Orang Musuh Terlalu Banyak, Seribu Sahabat Terlalu Sedikit
Belajar Matematika dengan HP, Kenapa Tidak?

Belajar Matematika dengan HP, Kenapa Tidak?

Oleh : Iwan Sumantri,S.Pd ( Guru Matematika SMP Negeri 3 Cibadak)

 

Berubah menjadi lebih baik adalah keinginan setiap orang termasuk saya selaku guru matematika di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Sukabumi. Pada kesempatan ini saya mencoba menulis artikel tentang pengalaman selaku guru matematika tentang pemanfatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran matematika di kelas semampu dan sebisa apa yang dapat saya lakukan dan sedang di laksanakan, dalam rangka mencerdaskan anak bangsa yang serba kompleks dan syarat dengan teknologi termasuk dalam pemanfaatan media internet.

Tahukah anda orang yang buta huruf di abad milinium sekarang ini? Orang yang buta huruf adalah orang yang tak bisa membaca dan menulis! Salah besar. Dijaman sekarang yang serba maju dan komplek ini, orang yang buta huruf adalah orang yang tak bisa berbahasa inggris dan tidak bisa internetan. Jadul rasanya jika di jaman FB,Twiter, Blog dan lainnya jejaring sosial , apalagi seorang guru tidak mengenal ICT/TIK yang di dalamnya ada INTERNET. Lihat anak dan siswa-siswa kita, berapa ratus bahkan ribuan anak sekolah sudah mahir dan trampil dalam menggunakan internet. Mereka lebih tahu dan bisa di bandingkan guru nya, ini realita di lapangan. Bandingkan prosentasi siswa dan guru yang bisa internetan. Disekolah saya saja, lebih banyak siswa dibanding guru yang bisa mengakses dan bergelut dengan internet. Tantangan besar kedepan bagi guru, khususnya saya, seorang guru Matematika, yang notabene bergelut dengan angka-angka setiap harinya.

Belajar Matematika dengan Internet, Kenapa Tidak? Ya, inilah impian saya selaku guru Matematika yang selalu ingin maju selangkah dari para siswa.  Ketetapan hati. Itu adalah kebulatan tekat untuk mengambil sikap, melakukan tindakan, serta menunjukkan perilaku baru yang berbeda dengan yang sudah-sudah. Lazimnya yang baru ini lebih baik daripada yang dulu.

Tahun 2013,  tepat rasa untuk menetapkan  diri sendiri merubah dalam proses pembelajaran . Dengan penuh kesadaran dan keseriusan,  saya awali dengan perenungan yang mendalam dan doa yang khusyuk. Saya memohon perkenan Allah Swt agar saya diberi-Nya kemauan keras dan ketegaran iman untuk mengatasi kelemahan saya, agar  tak tergelincir oleh godaan untuk tidak menyimpang dari tugas dan kewajiban selaku seorang guru.

Diawali dengan kegiatan proses pembelajaran matematika di semester genap, saya mencoba proses pembelajaran dengan memanfatkan internet sebagai media pembelajaran. Saya ajak para siswa di setiap PBM Matematika memanfatkan media ini dengan selalu berkunjung ke blog PBM Matematika Iwan Sumantri (http://iwansmtri.blogspot.com).

Berikut saya sampaikan pengalaman saya dalam proses pembelajaran matematika dengan memanfaatkan internet secara sederhana:

Saya mengajar Matematika di kelas 9, yaitu di Kelas IXA,IXB,IXC,IXD,IXE dan IXF, dengan jumlah jam 24 jam/minggu. Disemester Ganjil, mulai 15 Juli 2013 yang lalu di program semester, salah satu pembelajaran saya buatkan proses pembelajarannya adalah bedah SKL dan pembahasan soal-soal UN, guna mempersiapkan para siswa untuk siap menghadapi UN 2013/2014.

Media pembelajaran yang saya gunakan adalah Powerpoint sederhana dengan Judul Persiapan Ujian Nasional ,April 2014. Berisi tentang SKL dan contoh soal yang mungkin akan keluar di UN nanti.

Para siswa diajak membedah dan menyimak SKL UN 2012 yang lalu dengan prediksi soal yang mungkin akan keluar berdasarkan soal-soal UN terdahulu. Dengan harapan para siswa memiliki gambaran dan motivasi untuk bisa mengerjakan soal-soal UN nantinya. Hasilnya siswa belajar kurang menyenangkan dan sedikit membosankan.

Pada kegiatan PBM berikutnya, siswa juga di ajak ke blog ( Pembelejaran Matematika “Go Blog”) dengan on line berkunjung ke blog http://iwansmtri.blogspot.com , yang kebetulan sekolah kami sudah memiliki hotspot internet sekolah, yang setiap saat bisa on line. Di Blog ini para siswa bisa mengakses soal-soal UN, belajar matematika secara on line, dan juga sebagai media untuk mengirimkan tugas atau PR Matematika manakala guru matematika memberikan tugas PR, dengan mengirimkan tugasnya di menu khusus yang sudah saya siapkan di Blog PBM Matematika Iwan Sumantri . Belajar siswa meningkat dan ada perbaikan dalam hal belajar dan hasilnya.

 

Belajar Matematika dengan HP, kenapa tidak?

Kita semua sudah tahu bahwa belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat, dimana belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya.Dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Belajar).

Belajar bukan soal siswa tahu dan pintar saja, belajar itu utamanya, saling hadir secara nyata demi pemanusiaan.

Berikut pengalaman saya selaku guru matematika dalam proses pembelajaran di dalam kelas yang memanfaatkan teknologi HP untuk mencerdaskan anak bangsa.

Dijaman sekarang siapa yang tak kenal HP. Mulai dari siswa TK sampai Mahasiswa, supir, tukang ojeg,pasti memiliki HP. Coba kita lihat, di semua aktifitas kegiatan kita melihat sosok HP hadir. Benar-benar , barang yang namanya HP sudah menjadi teman dan barang kebutuhan pokok tiap orang di jagat raya ini. Dengan HP kita bisa berkomunikasi dan menyampaikan pesan secara cepat dan akurat.

Saya seorang guru Matematika SMP sempat mengadakan survey di kelas dengan dua pertanyaan :

  • Siapa diantara para siswa yang di rumahnya punya komputer dan bisa internetan? 
  • Siapa diantara para siswa yang tidak memiliki HP? 

Dari dua pertanyaan tersebut, untuk jawaban nomor 1 ( 10% dari jumlah 896 siswa jawabannya memiliki) sedangkan untuk pertanyaan nomor 2 ( 5% dari jumlah siswa 896 siswa jawabannnya tidak memiliki). Jadi kesimpulannnya hampir semua siswa memiliki HP. Jangan di tanya kalau guru, so pasti mereka para guru memiliki, paling sedikit 1 HP ( ada yang dua bahkan 3 HP nya guru, dengan nomor setiap HP dua nomor …wow benar-benar pantastis dan membanggakan)

Setelah itu saya berdialog “Siapa yang belum pernah mengakses internet lewat laptop atau komputer di rumahnya”. Ternyata masih ada sepertiga lebih siswa yang angkat tangan.

Dan ketika saya bertanya lagi, ” Siapa yang belum pernah mengakses internet meskipun hanya lewat HP?”. Sama sekali tidak ada yang angkat tangan.

Artinya semua siswa,yang notabene hidup di daerah yang jauh dari kota besar, pernah mengakses internet melalui HP. Tentu ini sebuah potensi dan jadi pemikiran kita selaku guru ditengah keterbatasan mereka yang hidup jauh dari perkotaan.

Nah, sekarang yang jadi pemikiran dan bahan kajian saya selaku guru Matematika, kenapa HP ini tidak dijadikan media pembelajaran buat guru dan siswa ketika proses belajar mengajar di dalam kelas?

Dari situlah, saya berpikir untuk menjadikan HP sebagai media pembelajaran. Bermodalkan diklat Mathematics Mobile Learning (MML) di P4TK Matematika, pada tanggal 2 sd 15 Nopember 2011 yang lalu, saya mencoba mengembangkan media pembelajaran menggunakanan HP dalam rangka menghadapi UN 2012 yang lalu.

Kita sudah tahu sebagian besar HP yang mereka miliki, kebanyakan digunakan untuk FB-an,Twitter-an,download musik dan lainnya.

Inilah pengalaman saya yang berharga dalam Proses Belajar Mengajar di dalam Kelas yang pernah saya lakukan. Saya ajak mereka mengerjakan soal-soal latihan UN secara ON LINE dengan menggunakan HP masing-masing di rumah setelah mereka belajar di sekolah. Saya yakin rekan guru yang lainnya sudah lebih dahulu dan lebih canggih lagi penggunaan HP ini untuk media pembelajaran.

Tapi tak salah lah, jika saya selaku guru dari daerah berbagi ilmu dan sharing dengan para pembaca dan guru lainnya, juga mungkin para siswa, orang tua, atau siapa saja yang peduli akan kemajuan pendidikan di era pesatnya teknologi terutama internet untuk memberikan sedikit solusi pemanfaatan HP ini. Jadi tidak hanya untuk SMS san, FB an, Twitter-an atau dengar musik, download foto yang belum jelas buat apa, nah mulai sekarang mari kita sama-sama manfaatkan HP ini sebagai media pembelajaran yang bisa membantu para siswa untuk tetap belajar di mana dan kapan pun waktunya.

Saya berpikir, lewat HP sebenarnya ada potensi yang bisa dikembangkan untuk memberi muatan belajar dalam aktifitas online mereka meski hanya melalui HP. Istilahnya adalah Mobile Learning. Salah satu yang saya coba lakukan adalah mengembangkan blog yang khusus dikembangkan untuk diakses melalui HP.

Mengakses sebuah web atau blog memang identik dengan sambungan internet dan perangkat notebook, laptop atau komputer.


Namun tahukah kita bahwa kini telah berkembang blog atau web yang berbasis WAP ?. Yang dikembangkan khusus untuk para pengakses melalui Handphone.

Dengan demikian mengekases blog atau web tidak harus membuka notebook, laptop atau komputer. Bisa lewat HP dengan browser yang berbasis WAP. Aksesnyapun lebih ringan dengan meminimalkan fitur animasi dan gambar.

Kelebihannya tentu ada dan banyak, salah satunya adalah blog bisa diakses dimana saja, mudah, lebih murah, ringan dan terjangkau bagi siswa yang tidak sempat browsing melalui komputer. Bisa sambil nunggu angkot di jalan,berbaring di tempat tidur, sambil ngobrol dengan teman sekelas, dan lain-lain.

Mobileweb dapat dibuat secara gratis dengan http://mywibes.com , http://xtgem.com, http://mywapblog.com.
Membuatnya cukup mudah. Tidak serumit CMS. Cukup membuat akun di web penyedia – penyedia layanan web mobile tersebut, aktifasi e-mail dan kemudian mengisi kontennya.

Web mobile ini cocok untuk memberikan muatan belajar dalam aktifitas online siswa melalui HP. Sesuai dengan konsep Mobile learning, khususnya Mathematic Mobile Learning. Yang digalakkan oleh p4tk Matematika.

Selain info – info menarik, konten didalam web mobile dapat perluas. Salahsatunya dengan upload kuis matematika sederhana berbasis JAVA, sehingga siswa berkesempatan mendownload dan menginstalnya.

Ini, alamat Web Mobile sederhana yang saya buathttp://iwansumantri.mywibes.com .

Pada waktu itu saya menitik beratkan pada Latihan UN dengan soal-soal UN Online yang bisa di akses oleh HP dan langsung bisa mengetahui berapa nilai/hasil latihan Online UN nya,(bisa di akses oleh HP berbagai merk, dengan syarat HP nya bisa internetan, ada Javanya, pake opera mini lebih cepat, dan tentunya ada pulsanya. Dibanding dengan internetan pake PC/komputer, dengan HP ini bisa lebih murah dan cepat diaksesnya! Jadi kapan lagi, menghadirkan DUNIA MAYA untuk sukses di UN. Sekarang waktunya dan yang paling pokok nya adalah belajar dengan HP Untuk menciptakan Suasana yang Kondusif dan Menyenangkan dalam PBM Matematika, kenapa tidak sekarang kita coba!

Itulah, secuil pengalaman pembelajaran matematika yang bisa saya ceritakan, sesuai dengan kemampuan dan keterbatasan saya selaku guru matematika di daerah. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat, dalam rangka menjadikan guru yang profesional, dan guru yang peduli akan kemajuan teknologi.

Berikut sebagian foto kegiatan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan blog dan online di internet:

  1. PBM Matematika Iwan Sumantri dengan media BLOG

 Aktifitas PBM Menggunakan Internet

Aktifitas Saat Proses pembelajaran dengan Menggunakan Media Internet , Siswa dan Guru Berkunjung Ke Blog PBM Matematika Iwan Sumantri (http://iwansmtri.blogspot.com) 

    2. PBM Matematika Iwan Sumantri dengan Media Pembelajaran  Online di HP

 

 

Saat Siswa Belajar Matematika dengan Alat Peraga dan Media HP dengan Web Mobile http://iwansumantri.mywibes.com ( Untuk Lebih Lengkapnya foto bisa di lihat disini

http://www.facebook.com/media/set/?set=a.2225360891885.83206.1783666775&type=3)

 

Riwayat Singkat  Penulis

Penulis bernama Iwan Sumantri adalah seorang guru Matematika di SMP Negeri 3 Cibadak yang lahir di Karawang, 23 Pebruari 1967. Mengajar Sejak Tahun 1988 di sekolah Swasta Tamansiswa Cabang Cibadak. Sejak Tahun 2005 penulis diangkat jadi guru PNS dan di tempatkan di SMP Negeri 2 Simpenan. Pada Tahun 2007 penulis mutasi ke SMP Negeri 3 Cibadak sampai dengan sekarang

Aktifitas penulis sekarang adalah pengurus MGMP Matematika Gugus Cibadak sebagai sekretaris, Seksi Humas di Forum MGMP Kabupaten Sukabumi dan menjabat sebagai Wakasek Kurikulum SMP Negeri 3 Cibadak serta pembina Pramuka di sekolah.

Kegiatan sehari-hari di luar mengajar, aktif mengelola blog pribadi PBM Matematika Iwan Sumantri ( http://iwansmtri.blogspot.com), admin web sekolah (http://smpn3cbd-citaidola.sch.id) dan sekali-kali menulis di kompasiana dan Guraru.

 


Komentar :

No Komen : 1
Reza vahlepi :: 25-02-2014 19:14:17
Gimana cara ngerjain soal matematika ini na A.1 per 3 sudut siku2
 
Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar


    [Emoticon]

Pengumuman PPMB

Artikel Popular

  • Belajar Nilai Pendidikan Karakter Bangsa Ala Guru Matematika
    15-10-2013 05:04:23  (9)
  • Artikel Sederhana Buat Seminar
    15-01-2014 14:05:44  (5)
  • Pesona PBM Iwan Sumantri Mendapat Penghargaan
    23-10-2013 00:21:57  (2)
  • Belajar Matematika dengan HP, Kenapa Tidak?
    15-10-2013 11:44:54  (1)
  • Guru SMP Negeri 3 Cibadak Kabupaten Sukabumi Belajar Internet Untuk Mencerdaskan Anak Bangsa, Kenapa Tidak?
    14-10-2013 09:46:16  (1)

Pengunjung

    26505

Waktu Berkunjung

Like FB One SM

Kirim Tugas Para Sis

Gabung @onesmmat

Musik One SM

Blogger Unair

Blogger Indonesia

Link Partner