Pesona PBM Iwan Sumantri


Satu Orang Musuh Terlalu Banyak, Seribu Sahabat Terlalu Sedikit
Belajar Nilai Pendidikan Karakter Bangsa Ala Guru Matematika

Belajar Nilai Pendidikan Karakter Bangsa Ala Guru Matematika

Oleh : Iwan Sumantri, S.Pd ( Guru Matematika SMPN 3 Cibadak)


Senin, 14 Oktober 2013 seperti  biasanya aktifitas saya adalah mengajar,mendidik dan melatih peserta didik di SMP Negeri 3 Cibadak. Sehabis upacara bendera, tepat pukul 08.00 saya masuk kelas.

Untuk mengawali pembelajaran setelah berdoa dan mengaji surat-surat pendek, saya mencoba memberikan apersepsi tentang kemenangan timnas U-19 atas Korea Selatan pada hari Sabtu malam 12 Oktober 2013 yang lalu. Saya ajak mereka mencermati apa yang bisa diambil dari hasil pertandingan tersebut. Kebetulan sekolah kami adalah sekolah kelas olahraga nasional yang mendapat dana block grand dari kementerian pendidikan dan kebudayaan nasional. Jadi, masih relevan jika saya mencoba mengajak mereka mengingat bagaimana serunya pertandingan tersebut.

Sesuai dengan kebiasaan saya, pembelajaran Matematika saya ajak mereka menuju blog PBM Matematika Iwan Sumantri. Saya mencoba memberikan motivasi pada mereka tentang kemenangan timnas U-19 pada babak penyisihan grup G piala AFC 2013.

Saya buka link blog PBM Matematika Iwan Sumantri . Saya awali dengan membuka foto berikut :

 



 

Sumber Foto : http://iwansmtri.blogspot.com/2013/10/ada-nilai-pendidikan-karakter-bangsa-di_13.html

 

Saya mencoba bertanya : Apa yang dapat kamu lihat dari foto tersebut? Para siswa mengamati dan menjawabnya dengan berbagai macam pendapat. Akhir saya simpulkan. Salah satu dari foto itu yang menarik adalah “ Sujud Syukur”. Pernah kita bersujud manakala kita mendapat kebahagian?

Setelah itu para siswa saya ajak menyimak tulisan saya di blog PBM Matematika Iwan Sumantri yang berjudul “Ada Nilai Pendidikan Karakter Bangsa di Timnas U-19 Saat Mengalahkan Korea Selatan”

 Screenshoot Blog PBM Matematika Iwan Sumantri

 

 

Sumber Foto : http://iwansmtri.blogspot.com/2013/10/ada-nilai-pendidikan-karakter-bangsa-di_13.html

 

Satu persatu nilai karakter yang menurut saya ada saat pertandingan itu saya tampilkan, dan para siswa bisa membacanya.

1). Nilai Religius

Selalu berdoa sebelum dan sesudah pertandingan. Sikap dan perilaku patuh dalam menjalankan ajaran agama.

Selalu sujud sukur saat mereka membobol gawang lawan. Ini di lakukan oleh semua pemain beserta jajaran tim pelatih.

2).Nilai Disiplin

Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.Kita bisa lihat bagaimana disiplinnya para pemain timnas U-19 di posisinya sesuai dengan intruksi sang pelatih Indra Syafri.

3) Nilai Kerja Keras

Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan, tugas dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.

Disela-sela rasa pesimis sebagian orang atas kemampuan timnas U-19 bisa mengalahkan Korea Selatan yang sudah 12 kali juara. Dengan kerja keras mereka bisa membuktikannya siapapun lawannya bisa di kalahkan.

4) Nilai Kreatif

Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.Dengan modal latihan yang rutin mereka tunjukan denga pola penyerangan yang bervariatif sehingga menyulitkan tim lawan, mereka tunjukkan saat mengalahkan Korea Selatan.

5) Nilai Rasa Ingin Tahu

Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar. Tentunya sebelum pertandingan mereka melihat dan menyaksikan bagaimana kekuatan tim lawan. Dari situlah mereka mencoba rasa ingin tahu melawan tim lawan di buktikan di lapangan.

6) Nilai Semangat Kebangsaan

Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. Ini di tunjukkan timnas saat bertanding diatas lapangan. Semangat ini ditunjukkam optimal saat mereka bertanding melawan tim Korea Selatan, disela-sela rasa pesimis sebagian orang untuk bisa mengalahkan Korea. Semangat kebangsaan inilah yang bisa mengalahkan Korea.

7) Nilai Cinta Tanah Air

Cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa. Disuasana nilai karakter bangsa yang sedang luntur dengan berbagai kasus koruptor meraka tunjukkan nilai cinta tanah air dengan prestasi kemenangan atas Korea Selatan.

8) Nilai Menghargai Prestasi

Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, mengakui, dan menghormati keberhasilan orang lain.

Sejaka tahun 1961 timnas tidak berpreatasi, mereka tunjukkan tadi malam dengan meraih prestasi yang luar biasa. sejarah persepakbolaan (PSSI), negeri ini tentunya akan mencatat prestasi mereka.

9) Nilai Bersahabat/Komunikatif

Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.

Ini di tunjukkan mereka saat sebelum dan saat bertanding, bagaimana komunikatifnya lini depan saat menjebol gawang Korea Selatan. Komunikatif saat mereka menjaga daerah pertahanan. Sikap bersahabat dan tidak saling menyalahkan saat Hansamu menjatuhkan pemain Korea yang berakibat tendangan pinalti.

10) Nilai Cinta Damai

Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya

11) Nilai Peduli Sosial

Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.

Negeri ini sedang haus prestasi terutama pada olahraga sepak bola untuk bisa jadi juara. Nilai peduli sosial ini sudah mereka tunjukkan dengan prestasi mengalahkan negara macannya bola yaitu Korea Selatan.

12) Nilai Tanggung Jawab

Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

 

Itulah 12 Nilai pendidikan karakter bangsa yang bisa di lihat langsung oleh para siswa dan kita semua.

Akhirnya setelah para siswa diajak menyimak hasil pertandingan tersebut, saya melanjutkan PBM yang pokok yaitu mata pelajaran Matematika dengan materi Statistika.

Itulah sedikit pengalaman saya mengajar di kelas. Perubahan makna dari budaya instan yang diawali menulis, memberi contoh,mengerjakan latihan, dari guru mengajar menjadi siswa belajar, siswa mengamati langsung suatu kejadian, bisa merasakan bagaimana suasana suatu peristiwa dengan diajak langsung mengamatinya adalah suatu perubahan yang sedang dan akan lakukan pada pendidikan di kurikulum 2013 ini.

Mata pelajaran matematika tak selalu harus belajar dengan angka-angka, sekali-kali kita bisa mengajak para siswa melihat dunia lain yang ada kaitannya dengan matematika. Hal tersebut diataslah yang saya coba disampaikan pada para siswa, semoga mereka bisa belajar dari hal-hal yang terjadi dan ada di sekitar mereka.

Untuk timnas U-19 saya ucapkan selamat, perjuangan dan hasil yang diraih semoga bisa memberikan motivasi dan suri tauladan pada anak-anak didik saya khususnya, umumnya semua peserta didik di negeri ini, untuk kelak menjadi generasi emas di negeri ini. Amin.


Komentar :

No Komen : 9
Ramdhan Hamdani :: 18-10-2013 13:55:20
Mudah-mudahan pendidikan karakter yang nyata seperti ini bisa kitab terapkan dalam proses pembelajaran disekolah
:: Reply ::

@Pak Ramdhan H : setuju Pak ! Sebaiknya harus di terapkan di dalam PBM kita sehari-hari !

No Komen : 8
Dedi Syarif Mawardi :: 18-10-2013 13:24:00
Mantappp Pa Iwan...sangat sangat menginsfirasi tuk menjadi guru yang kreatiff..^_^
:: Reply ::

@Pak Dedi SM : makasih Pak atas apresiasinya...semoga saja kita bisa berkontribusi pada dunia pendidikan kita...sebisa dan se mampu kita !

No Komen : 7
MARWAN, S.Pd :: 18-10-2013 13:18:17
Luar biasa pak Iwan, melihat sepak bola dari sisi kurikulum 2013. Sepertinya setiap kejadian bisa dikaitkan dengan pendidikan. Semoga kedepan muncul ide yang lebih kreatif lagi. Selamat!!!
:: Reply ::
@Pak Marwan,S.Pd: Makasih Pak atas apresiasinya....itu iseng aja Pak...sedikit berbagi di dunia pendidikan..ternyata belajar karakter bangsa tak selalu di dalam kelas di lapangan bola juga bisa kita cermati ! semoga bermanfaat !
No Komen : 6
Nurhayati,M.Pd. :: 17-10-2013 23:07:07
kreatif, inspiratif dan faktual...sesuai kurikulum 2013.
pendidikan karakter melalui ketauladanan pemain sepak bola.
 
No Komen : 5
Noer moanis :: 17-10-2013 22:02:19
Bagus bener blognya ,kebetulan Noer suka sekali matematika ...smoga blog ini bermanfaat untuk kita semua ...sukses selalu buat bapak ...CAYO ...hohohoho
:: Reply ::
@Mba Noer: Makasih atas apresiasinya...sukses kembali buat kita semua !
No Komen : 4
retno siswanto :: 17-10-2013 21:58:34
contoh pembelajaran kontekstual

semangat dan lanjutkan
:: Reply ::

@Pak Retno S : Makasih pak atas apresiasinya...mencoba menerapkan kurikulum 2013 !

No Komen : 3
Hammam Pratama Putra :: 14-10-2013 13:06:36
wow kren web barunya...isinya juga mantap ! sukseslah pak guruku!
:: Reply ::
@Hammam Pratama Putra: Makasih atas apresiasinya...sukses juga buat ananda Hammam PS !
No Komen : 2
KRANI PRATIWI :: 14-10-2013 12:10:35
Kreatif sekali pak guru ini...relevan dan aktual cara belajarnya ! Sukses Pak!
:: Reply ::

Makasih atas apresianya! Salam Sukses Kembali !

No Komen : 1
Yani Sumanti :: 14-10-2013 12:02:46
Wow kren pembelajaran yang aktual...boleh di tiru oleh guru2 lainnya !
:: Reply ::

Bu Yani: makasih atas apresiasinya ! semoga harapan ibu bisa terwujud sesuai harapan saya juga!

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar


    [Emoticon]

Pengumuman PPMB

Artikel Popular

  • Belajar Nilai Pendidikan Karakter Bangsa Ala Guru Matematika
    15-10-2013 05:04:23  (9)
  • Artikel Sederhana Buat Seminar
    15-01-2014 14:05:44  (5)
  • Pesona PBM Iwan Sumantri Mendapat Penghargaan
    23-10-2013 00:21:57  (2)
  • Belajar Matematika dengan HP, Kenapa Tidak?
    15-10-2013 11:44:54  (1)
  • Guru SMP Negeri 3 Cibadak Kabupaten Sukabumi Belajar Internet Untuk Mencerdaskan Anak Bangsa, Kenapa Tidak?
    14-10-2013 09:46:16  (1)

Pengunjung

    29400

Waktu Berkunjung

Like FB One SM

Kirim Tugas Para Sis

Gabung @onesmmat

Musik One SM

Blogger Unair

Blogger Indonesia

Link Partner